Senin, 11 Juni 2012

Career , carer , career


Focus
Career , Career , and Career


Wah Binusian , kali ini kita akan membahas seputar topic yang sangat cocok buat Bee Smart yang sekarang siap siap lulus dari Binus. Yah , benar ! . Kali ini kita kan membahas tentang karir internasional yang akan dirintis teman teman semua.
                Berkarir dalam benak Bee Smart pertama kali adalah BEKERJA.  Seorang Fresh Graduate pastinya akan sangat memperhatikankesiapan dirinya setelah lulus dari Universitas untuk diterima di dunia kerja. Untuk mempersiapkan diri menuju karir yang cemerlang bisa dilakukan pas masih kita kuliah misalnya yang dilakukan oleh Graccilia ( Mahasiswi Binus semester 4 , Internasional Marketing ) ini sambil kuliah juga aktif bekerja sebagai Team Promotion di Binus University .  “ saya bekerja bukan semata mata untuk memperoleh uang , namun bagi saya kerja sambil kuliah merupakan pengalaman yang harganya mahal sekaligus modal berkarir nantinya “ , kata Grace .
                Berikut ada beberapa Tips Binusian yang hendak meniti karir yang cemerlang dan tempat incaran buat bekerja bagi Fresh Graduate beserta daftar gaji tiap profesi.

Tips .
                Bagi teman – teman Bee Smart yang mau meniti karir yang cemerlang alangkah baiknya sekarang sudah dipersiapkan hal - hal berikut :
1.       Hard Skill  
Hard Skill yang dimaksud yakni berhubungan dengan kemampuan yang kamu miliki , Misalnya Mahasiswa Binus jurusan Akutansi , Hardskill yang pastinya harus  dimiliki antara lain: Skill Auditing , Perpajakan dan lainnya.

2.       Soft Skill
Soft Skill ini dimaksud dari kemampuan kemampuan yang tidak bisa diukur dengan angka nih ,  sering kali kita sebut sebagai ketrampilan : Seperti Negotiation Skill , Public speaking , sampai Leading Skill. Untuk memperoleh ini pastikan kamu terlibat aktif dalam organisasi kemahsiswaan  . Dan di Binus sendiri ada Biro sendiri buat training mahasiswa yakni SAC ( Student Advisory Center ).



Berorganisasi akan menambah softskill seperti teamwork hingga planning skill. 


3.       Foreign Languages
Wah , perusahaan mana yang sekarang tidak butuh karyawan yang fasih berkomunikasi bahasa Asing. Pastikan teman teman semua memiliki kemampuan Bahasa Asing , Minimal Bahasa Inggris. Bahasa Mandarin , Prancis , Spanyol , Korea , dan Jerman akan sangat menambah nilai jual kita kalau menguasainya.
Bahasa Inggris menjadi bahasa wajib dalam dunia karir , Mandarin akan menyusl sebagai bahas penting yang harus dikuasai.

4.       Pengalaman Kerja
Tak bisa dipungkiri pengalaman kerja menjadi mini project buat kita salami dunia kerja benaran nantinya



Sebagai referensi Binusian nih kalau kalian sudah memenuhi syarat di atas.
Salary Guide
Posisi
Masa Kerja
Gaji
Finacial analyst
2-3 tahun
Rp 5 – 12 juta
Auditor
2 -4 tahun
Rp 6 – 12 juta
Process engineer
2 – 3 tahun
Rp 5 – 11 juta
Training Excecutive
2 – 3 tahun
Rp 5 – 10 Juta
System Programmer
2 – 3 tahun
Rp 6 – 10 juta
Software Engineer
2 – 3 tahun
Rp 6 – 10 juta
IT Administrator
1 -  3 tahun
Rp 5 – 8 Juta
Sumber : Kelly service Indonesia. ( termasuk perbandingan dengan salary Guide di Malaysia ). Bisa dilihat dari www.kellyservice.com


Berbicara mengenai karir , pastinya Binus juga tidak lupa mempersiapkan mahasiswanya untuk terhubung dengan dunia karir. Hal ini terlihat bagaimana seriusnya Binus menggarap biro “Binus Career “ yang mewadahi mahasiswa Binus dan industry . Dan tak lupa Binus juga rutin mengadakan Job EXPO tiap setengah tahun sekali. Dan berikut ada 10 Perusahaan Idaman untuk meniti karir ( beberapa diantara sudah bergabung dengan Binus Career lho ).
1

2

3

4

5

6

7

8

9

10

1.    






               
               

Tidak ada komentar:

Posting Komentar